Sewa Hiace Bandung
08211 8888 804

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Posted by

Agar mobil tetap dalam kondisi yang prima, kita perlu melakukan pereawatan yang tepat dan rutin. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan dan keinginan untuk merawat mobil secara mendetail. Ada beberapa hal penting  pada bagian mobil yang harus di rawat dan jangan sampai di abaikan.

Bukan hanya mobil bekas yang sudah lanjut usia saja yang membutuhkan perawatan, mobil barupun juga membutuhkan perwatan secara  berkala dengan baik dan benar, berlaku untuk jenis mobil matic (automatic) atau mobil dengan transmisi manual. Berikut adalah cara merawat mersin mobil agar tetap awet.
Toyota-D4D-Diesel-Engine
Cara merawat mesin mobil

Menjaga cat mobil

Saat ada noda atau kotoran di cat body mobil anda baiknya anda mencucinya dengan sabun atau shampo yang cuma ditujukan untuk mobil. Janganlah lupa untuk memakai lap spesial mobil, dianjurkan untuk menggunakan lap yang halus. Parkir mobil didalam garasi atau tutupi mobil dengan kain penutup mobil pada malam hari. Lantaran suhu dingin pada malam hari bisa memudarkan cat mobil anda.

Pergantian oli mobil

Untuk pergantian oli mobil baiknya anda kerjakan sesuai sama prosedur sesuai sama ketentuan produsen kendaraan. Umumnya pergantian oli mobil ketika pertama bakal lebih singkat dari pada pergantian setelah itu. Supaya mesin mobil anda tak cepat rusak baiknya janganlah terlambat untuk ganti oli mobil anda.
merawat-mobil-bekas
Cara Merawat Mesin Mobil

Pemakaian bahan bakar

Dalam perawatan mobil baru pemakaian bahan bakar ini sangatlah punya pengaruh. Lantaran pemakaian bahan bakar yang salah bisa menyebabkan rusaknya pada mesin mobil anda. Otomatis kemampuan mobil anda juga bakal jadi tak optimal. Hingga sangatlah dianjurkan untuk beli bahan bakar mobil anda di stasiun-stasiun pengisian bahan bakar yang resmi.

Pakai air bersih untuk radiator

Pemakaian air radiator yang benar yaitu dengan air bersih. Janganlah pakai air asal-asalan, baiknya anda pakai air dalam paket yang di jual di toko paling dekat. Lantaran bila air yang dipakai untuk isi radiator itu yaitu air yang kotor, jadi kotoran yang ada pada air itu bakal mengendap serta akhirnya bakal menyumbat saluran pendingin di mobil anda.

Oli merupakan sesuatu yang vital bagi mesin mobil

Oli berperan mengurangi gesekan2 internal di dalam mesin.tanpa adanya oli,gesekan2 ini akan membuat komponen mesin2 tertentu cepat rusak atau aus. Dengan kata lain,keberadaan oli akan membuat mesin lebih awet.pada dasarnya sebuah mobil memerlukan oli dengan kekentalan tertentu.akibat adanya pembakaran didalam mesin ketika mobil akan dijalankan akan membuat tingkat kekentalan oli berubah,sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli berubah,sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli di dalam mesin tidak lagi sesuai dengan kondisi internal mesin.Oleh karna itu,penggantian oli mesin mobilharus dilakukan secara rutin berdasarkan jarak tempuh kendaraan.Agar kondisi mesin mobil lebih awet,ada baiknya anda mengganti oli berdasarkan standard kilometer untuk penggantian oli berikutnya yang terdapat pada kartu servis.Apalagi jika mobil telah digunakan untuk menempuh jarak yang sangat jauh.

Perhatikan Ketinggian Oli Mobil Pribadi

Ketinggian oli juga perlu diperiksa secara rutin.hal ini karena ketika mesin dijalankan, panas yang terjadi pada mesin mungkin saja membuat jumlah oli di dalam mesin berkurang,sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.
Tips-Merawat-Mobil
Cara Merawat Mesin Mobil

Periksa Keadaan Radiator Mobil Pribadi

Radiator pada mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin,artinya radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas (over heating).Dengan rutin memeriksa radiator yang meliputi pemeriksaan kebocoran,pengurasan,dan penggantian air, maka performa radiator akan tetap terjaga,sehingga tugasnya sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga.Idealnya penggantian atau pengurasan au=ir radiator dilakukan untuk setiap jarak tempuh sekitar 10.000  km.

Pastikan tangki bensin tidak berkarat

Susah memang untuk memastikan tangki bensin tidak berkarat. Akan tetapi, untuk mencegah hal ini,sebaiknya anda selalu memperhatikan volume bensin.Tangki dengan bensin yang penuh akan mengurangi peoses perkaratan.Oleh karena itu,sebaiknya jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong atau (low) terlalu lama,karena bagian yang tidak terkena bensin akan berkarat.

Periksa timing belt

timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda2 gigi yang terhubung ke bagian internal mesin.Timing belt yang rusak ditandai dengan menimbulkan suara2 dengungm yang bising ketika mesin mulai dijalankan.kerusakan timing belt yang di biarkan berlarut akan  menyebabkan timing belt tersebut putus dan putusnya timing belt secara tiba2 akan membuat komponen2 tertentu pada mesin rusak.selain itu,suplay listrik pada akumulator bisa tidak maksimal.

Lakukan Tune Up secara rutin

Tune Up rutin di bengkel2 akan membuat mesin tetap awet,hal ini karena pada proses tune up keadaan komponen2 vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi,filter bahan bakar dan oli akan terperiksa.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 8/20/2016 11:30:00 AM

0 komentar:

Posting Komentar